Rujak Es Krim

Salah satu kudapan atau jajanan khas di Jogja adalah rujak es krim atau ada yang menyebut rujak gobet. Paduan antara serutan buah mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, dan bengkoang, yang disiram dengan ulegan sambal gula jawa, kemudian diberi es krim pada topping-nya.

Bahan sambalnya itu sendiri adalah asam jawa, kencur, gula jawa, cabai, dan sedikit air. Sehingga, rasa yang diciptakan oleh rujak es krim ini perpaduan rasa pedas, asam, dan manis campur di lidah. Menyegarkan, apalagi dinikmati ketika cuaca sedang terik.



Kawasan yang banyak menjual rujak es krim ini berada di sekitar Jl. Harjowinatan, sisi barat Puro Pakualaman. Dari arah Malioboro ke arah timur sekitar 2,5 km, melewati Jalan Sultan Agung dan jembatan Sayidan yang terkenal berkat lagu dari Shaggy Dog itu.

Hanya beralaskan tikar atau kursi plastik, pengunjung bisa membeli rujak es krim sambil menikmati suasana yang tenang dan teduh di seputaran kediaman Paku Alam. Suasana jalannya tidak begitu ramai, jadi tidak terlalu mengganggu apabila kita lesehan di situ. Nah, apabila sedang turun hujan atau ingin dinikmati di rumah, rujak es krim ini juga bisa dibungkus. Sebungkus dihargai 5 ribu rupiah.

Murah, lezat, selamat mencoba! ;)

0 comments:

Post a Comment